Bisnis pembayaran online All in One

Senin, 10 September 2012

Resep masakan untuk pemula

Hi temans, baru mulai belajar masak.. intip resep-resep bagi si pemula, gampang di ikuti loh..

Untuk langkah awal, kita harus mengenal bumbu dapur dahulu. Kalau gula, garam, mecin, bawang merah/putih, terasi, sudah banyak yang tahu. Nah yang ini campuran bumbu dapur, jika beli di pasar Rp 2.000 sudah kumplit.  Apa saja sih, cekidot :

1. KUNYIT
Wah untuk yang satu ini gampang di kenali, karena isi/dagingnya paling kuning/orange. Selain untuk memasak, kunyit dapat di buat menjadi jamu dan obat-obatan alami, karena mengandung anti oksidan dan anti peradangan, misalnya :
* Manfaat bagi kesehatan :
- Dapat memperlambat penyebaran & pertumbuhan tumor. 
- Mempelancar sistem pencernaan
- Meringankan gejala rematik & menyembuhkan luka
- Membantu menyembuhkan kulit seperti koreng & gatal-gatal.

* Manfaat bagi Kecantikan :
- Dapat mencegah keputihan
- Mempelancar & mengurangi rasa nyeri saat Haid
- Menghaluskan kulit
2. LADA / MERICA
Hati-hati tertukar antara Lada dengan Ketumbar. Jika lada warna agak putih, lebih besar dan rada berat. sudah banyak lada instan / lada bubuk di jual di mall-mall. Pastinya rasa Lada rada-rada pedas.





3. KETUMBAR
Nah sengaja saya menjejerkan lada dengan ketumbar, agar lebih mudah membedakannya. Bentuknya lebih kecil dan ringan.

Selain melezatkan makanan ternyata ketumbar ini berguna untuk pembunuh bakteri dan pencegah keracunan makanan loh.

Menurut tim peneliti dari Portugal, ketumbar ampuh membunuh 12 strain bakteri, Cairan yang mengandung kurang dari 1,6 persen minyak ketumbar itu cukup efektif untuk membunuh sel bakteri, termasuk Salmonella, E.coli, serta bakteri yang kebal terhadap antibiotik. Hasil penelitian tersebut dipublikasikan dalam Journal of Medical Microbiology.

“Minyak ketumbar bisa dipakai sebagai alternatif alami untuk antibiotik. Kami melihat masa depan ketumbar sebagai obat klinis dalam bentuk lotion, obat kumur, bahkan pil yang mampu mengatasi bakteri yang sudah kebal dengan antibiotik,” kata Fernanda Domingues, pemimpin dalam penelitian tersebut.

4. KEMIRI
Ada juga ni manfaat kemiri buat kecantikan, memperkuat dan menyuburkan rambut. Untuk menyuburkan rambut, enam biji kemiri ditumbuk halus lalu ditambah air secukupnya dan dimasak hingga mengeluarkan minyak. Minyak tersebut digosokkan pada kulit kepala, tiga kali seminggu.

Wah hati-hati juga, ada kemiri yang berkaporit. cirinya :
-warnanya yang putih, Kemiri umumnya warnanya agak kekuningan, sedikit kusam dengan remahan halus di permukaannya.
- Sedangkan kemiri yang konon dicuci dengan kaporit tampilannya lebih bersih, nyaris licin dan warnanya lebih terang atau putih.

 5. JAHE
Bumbu dapur ini bisa di pakai untuk menyamarkan masakan yang berbau amis, mis : Ikan, Ati, Ayam, dll. mengandung minyak atsiri yang mampu menghilangkan nyeri, menghangatkan tubuh, mengurangi peradangan dan bersifat antibakteri. Dagingnya lebih banyak serat dari kencur, dan baunya menyengat hangat.

Untuk alternatif pengobatan, bisa di coba juga untuk :
- Terkilir: Parut jahe (tanpa dikupas) dan tambahkan garam. Balurkan pada bagian tubuh yang terkilir sambil dipijat pelan. Lakukan 2 x sehari.
 
- Gigitan Ular: Sebagai pertolongan pertama bila digigit ular. Cuci 
bersih satu ruas jahe dan lumatkan halus. Tambahkan garam dan tempelkan pada luka, lalu segera bawa ke dokter.
- Menjaga daya tahan tubuh: Kupas satu ruas jahe, cuci bersih, iris tipis dan memarkan. Seduh dengan air panas. Biarkan hingga hangat. Minum ramuan ini setiap hari. Jangan buang ampas jahe karena bisa diseduh lagi dengan air panas sampai 3 kali dalam sehari. 
- Menghilangkan pegal dan rasa lelah di badan (terutama setelah melahirkan): Iris 5 ruas jahe besar (kulit tidak usah dikupas) dan memarkan. Rebus dalam satu panci air dengan api kecil sampai mendidih dan warna berubah. Matikan api dan diamkan sekitar 10 menit, baru campurkan ke dalam air mandi atau dalam bathtub untuk berendam.

6. KENCUR
Selain di gunakan untuk bumbu masakan tradisional, jamu-jamuan menggunakan tanaman ini sebagai bahan baku-nya. Kencur di pakai sebagai tonikum untuk menambah nafsu makan yang di berikan kepada anak-anak. 

Ada juga khasiatnya antara lain : Pelangsing tubuh, batuk, keseleo. sekarang tidak perlu repot lagi, soalnya Ayu jamu pasti membawa 
kencur setiap hari dengan jumlah yang banyak.
 
 7. DAUN SALAM
Bumbu dapur yang ini juga mampu membuat masakan menjadi lebih sedap.
 
Berdasarkan penelitian daun salam terkandung flavonoid, minyak atsiri dan tanin yang memberikan manfaat mampu menurunkan kadar gula dalam darah, selain itu juga mampu menurunkan tekanan darah juga kadar kolesterol dalam darah.
Untuk alternatif pengobatan bisa juga di coba untuk :
- Mengobati Diabetes : Cuci bersi daun salam muda yang masih segar secukupnya, lalu remas-remas dan masukan kedalam gelas. Kemudian beri 1/2 gelas air hangat, diam kan sejenak agar sari-nya keluar sampai air berwarna hijau. Saring dan minum, sebaiknya di lakukan setiap pagi dan sore.
 
- Mengobati radang lambung : cuci bersih masing-masing 30g daun salam, 30g daun sambiloto kering. kemudian rebus dengan 600cc air, tambahkan gula secukupnya biarkan hingga air tersisa sekitar setengah. Kemudian airnya di minum 2x sehari masing-masing sekitar 150cc, lakukan rutin.
 
- Mengobati Stroke : Cuci bersih 10 lembar daun salam, 50g jantung pisang, kemudian di masak sesuai selera dan di makan.
 
 

8. KAYU MANIS
Termasuk kedalam rempah-rempahan yang beraroma, manis, dan pedas. Cara memilih kayu manis yang baik adalah kering dan beraroma segar
 
Untuk pengobatan alternatif lainnya : 
- Mampu mengurangi Diabetes tipe 2
- Sebagai obat jamur anti bakteri
- Mengatasi radang sendi
- Mengatasi berbagai masalah dalam perut
 
 
 9. SEREH
Terkadang jika kita beli di pasar, warna daun hijaunya mulai pudar. Tapi tidak apa, karena yang kita pakai dalamnya. Jadi sebelum di pakai, daun paling depan di kelet sampai kira-kira dalamnya kelihatan putih, dan daun paling atasnya di potong. Karena yang kita pakai ujung dagingnya.

Karena sereh banyak mengandung minyak Atsiri yang berkhasiat untuk anti radang dan menghilangkan rasa sakit. Sereh yang di buat minyak bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah.


Nah, kenapa saya mengulas bumbu dapur seperti ini. Karena awal saya belajar masak, saya selalu menggunakan bumbu instan karena sangat praktis. Begitu saya mengetahui banyak sekali manfaat bumbu dapur, maka saya mulai belajar membuat bumbu sendiri, meskipun bumbu yang di pakai tidak banyak, tetapi jika di pakai setiap hari maka hasilnya akan terlihat. Selain itu masakan akan lebih lezat jika kita mengolah bumbu sendiri.

Malas untuk menumbuk,,, Ok.. Ada blender gunakan dong atau alternatif lainnya, sebelum menumbuk bawang, cabe, tomat, dkk. Kita lakukan perebusan untuk semuanya. Caranya siapkan semua bumbu yang akan di haluskan, nah sebelum menghaluskan kita ceburkan jadi satu bumbu-bumbu itu dan rebus. Dengan begitu akan sangat mudah untuk di tumbuk/ulek.

Baiklah, selamat berekspresi dengan resep-resep masakan. Jangan salahkan bumbu dapur jika masakan kita di puji oleh orang-orang yang kita sayangi. setelah di puji, wuiihh pasti ketagihan untuk mencoba resep baru. Ingat yah jangan mengulang menu yang sama dalam waktu dekat, mentang-mentang menu itu di puji enak maka kita buat lagi besok. Banyak kok resep yang mudah di coba. 

Terima kasih
 

 
 
 
 

 







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar